Category Archives: Otomotif

Cara Nissan Menarik Konsumen

SELAMA pameran Indonesia International Motor Show (IIMS) 2014 yang digelar pada 18-28 September, PT Nissan Motor Indonesia (NMI) menelurkan program menarik bagi konsumen. Bekerja sama dengan Nissan Financial Services Indonesia (NSFI), NMI memberikan penawaran kepemilikan kendaraan dengan angsuran mulai Rp999 ribu untuk Nissan March dan Rp888 ribu untuk Datsun.

Selama IIMS berlangsung, Nissan juga menawarkan program bunga 0% dengan tenor 1 tahun, yang berlaku bagi produk Grand Livina, Livina, March, Evalia, X-Trail (tidak termasuk All-New Nissan X-Trail), dan Serena.
Ada pula opsi dengan bunga kompetitif sebesar 4,48% atau tenor 7 tahun dan uang muka sebesar 25%. Semua proses permintaan akan dimudahkan dengan instant approval process yang diklaim hanya memakan waktu maksimal 2 jam.
Menurut GM Marketing Strategy, Communications & Product Planning NMI Budi Nur Mukmin, program itu khusus diluncurkan di IIMS untuk memenuhi keinginan konsumen memiliki produk Nissan.

Program itu juga memberikan kesempatan mendapatkan beragam hadiah mulai merchandise eksklusif, voucer belanja MAP hingga Rp5 juta, voucer aksesori untuk Nissan dan Datsun sampai Rp5 juta, hingga Iphone 5S melalui program lucky dip selama IIMS berlangsung.

Khusus bagi konsumen yang melakukan SPK di IIMS, Nissan akan memberikan voucer gratis untuk servis dan aksesori seharga Rp1 juta, berlaku seluruh produk Nissan kecuali All-New Nissan X-Trail.
Adapun untuk 100 pemesan Nissan Serena pertama di IIMS akan diberikan voucer gratis free leather seat di luar biaya pemasangan. (Cdx/S-2) Media Indonesia, 25/09/2014, halaman 18

Mitsubishi Bangun Pabrik Rp7 T

Pabrik terbaru Mitsubishi di Indonesia terbesar kedua se-ASEAN. MITSUBISHI mem benamkan US$600 juta (Rp7,1 triliun) untuk pabrik baru yang berlokasi di Greenland International Industrial Center (GIIC) Deltamas, Bekasi. Pabrik kedua Mitsubishi di Indonesia tersebut diproyeksikan sebagai pabrik terbesar Mitsubishi di kawasan Asia Tenggara setelah Thailand.

Hal tersebut diungkapkan CEO of Mitsubishi Motors Corporation Osamu Masuko, kemarin, di Jakarta.
Turut hadir dalam konferensi pers antara lain Wakil Presiden Eksekutif Group MMC Kozo Shiraji, Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) Noboru Tsuji, serta Direktur Eksekutif Pemasaran KTB Rizwan Alamsjah.
“Kapasitas produksi pabrik baru kami mencapai 160 ribu unit dan nantinya dapat diekspansi sampai 240 ribu unit per tahun,“ ujar Masuko.

Berdasarkan penelusuran Media Indonesia di laman daring resmi Mitsubishi Thailand, `Negeri Gajah Putih’ secara akumulatif mampu merakit 510 ribu unit kendaraan Mitsubishi per tahun berkat tiga fasilitas manufaktur dengan kapasitas produksi masing-masing 90 ribu, 220 ribu, plus 200 ribu unit.

Infrastruktur perakitan mobil teranyar milik pabrikan asal Jepang di Indonesia tersebut ditargetkan beroperasi mulai semester I 2017. Pemancangan tiangnya baru dilakukan pada 2015.

Masuko melanjutkan, pada 2013 Indonesia telah menjadi pasar dengan penjualan terbaik di luar Jepang bagi Mitsubishi.“Pasar Indonesia menjadi semakin penting bagi Mitsubishi sehingga kami harapkan pertumbuhan akan terus berlanjut.Namun, jika dilihat, kapasitas produksi pabrik kami sudah tidak memadai lagi sehingga kami memutuskan akan membeli tanah dan membangun pabrik baru.“

Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukkan, pada 2013, Mitsubishi membukukan penjualan 157.353 unit, bertumbuh 5,66% dari pencapaian setahun sebelumnya yang mencapai 148.918 unit.
Pabrik pertama Mitsubishi di Indonesia terletak di Pulo Gadung dengan kapasitas produksi 160 ribu unit untuk sport utility vehicle (SUV) Outlander Sport serta beragam model kendaraan komersial Mitsubishi.Segmen MPV Pabrik Mitsubishi di GICC Deltamas Bekasi, menurut Masuko, akan memproduksi kendaraan penumpang di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) serta dua kendaraan komersial, Colt L 300 dan T 120 SS.

“Small MPV merupakan model baru yang sedang kami kembangkan sekarang. Rencana produksi untuk model ini nantinya ialah 80 ribu unit per tahun. Sebanyak 20 ribu di antaranya akan diekspor dan 60 ribu yang lain diedarkan di seluruh Indonesia,“ terang pria yang pernah bekerja di KTB pada 1997-2002 sebagai chief advisor itu.

Selain untuk pasar Indonesia, small MPV Mitsubishi akan diekspor ke negara-negara ASEAN semisal Thailand, Filipina, dan Vietnam.

Kendaraan tipe itu tidak akan diproduksi di Jepang. “Di Jepang sulit untuk meningkatkan penjualan domestik karena populasi kami berkurang setiap tahun,“ ujar Masuko.

Sebelumnya, Menteri Perindustrian MS Hidayat mengatakan Mitsubishi sejak 2006 telah menanam investasi senilai total US$7 miliar di berbagai sektor, baik sumber daya alam, infrastruktur, maupun untuk pasar konsumen.

Direkrtur Industri Unggulan Berbasis Teknologi Tinggi Kementerian Perindustrian, Budi Darmadi, memperkirakan pada tahap awal pengoparasian, pabrik baru Mitsubishi akan menyediakan sekitar 2.800 lapangan kerja. Selain itu, menarik 30-40 unit usaha baru industri komponen otomotif.(Ant/Mus/E-1) Media Indonesia, 17/09/2014, halaman 9

Honda: Mobil Keluarga Berjiwa Muda

JIKA Anda ingin mobil keluarga, bergaya jantan, dan harga terjangkau, Honda Mobilio RS mungkin bisa jadi pilihan. Setidaknya itulah kesan pertama yang Media Indonesia rasakan saat mengikuti test drive varian teranyar Mobilio itu di Malang dan Surabaya, Jawa Timur, 13-15 Agustus.

Memang, secara teknologi mesin tidak ada perbedaan berarti antara Mobilio RS dan Prestige–varian tertinggi yang telah diluncurkan sebelumnya. Kebetulan, Media Indonesia juga ikut menguji Mobilio tipe E CVT dan Prestige di Yogyakarta, awal Februari lalu.

Sama seperti saudaranya, Honda Jazz, Mobilio RS yang diperkenalkan Juni lalu itu juga hanya berbeda dalam fitur tampilan interior dan eksterior yang menjadikan mobil itu tampak lebih sporty dan mewah.
Karena itu, wajar jika sebagian orang menganggap RS sebagai singkatan dari racing style atau bergaya balap karena penampilan Mobilio RS selayaknya mobil lomba dengan tambahan sejumlah spoiler yang melekat di badan dan velg alloy wheel 15 inci di kakinya.

Namun, RS sesungguhnya merupakan kependekan dari road sailing yang oleh Honda secara filosofi diartikan sebagai mengendarai secara nyaman. Bukan cuma nyaman, model itu juga harus menarik perhatian dengan kesan maskulin, agresif, dan dinamis.

Dengan demikian, Mobilio RS sejatinya memang sengaja dibuat untuk memuaskan konsumen yang sudah jenuh dengan penampilan mobil keluarga yang biasabiasa saja. Kini Mobilio RS pun menjadi varian paling maksimalis di keluarga Mobilio.

Presiden Direktur PT Honda Prospect Motor (HPM) Tomoki Uchida mengatakan Mobilio RS merupakan hasil pengembangan produk sesuai dengan kebutuhan konsumen saat ini.

“Meski merupakan sebuah varian dari Honda Mobilio yang telah diluncurkan sebelumnya, mobil ini tampak menempati kelas tersendiri sebagai sebuah MPV elegan,“ katanya merujuk slogan Mobil RS yang berbunyi Redefined MPV, Elegantly.

Sukses emblem RS pada Jazz juga tam paknya ingin ditularkan PT HPM kepada Mobilio. Varian itu diharapkan akan menyumbang 20% dari penjualan LMPV tersebut secara total. Sejak diluncurkan hingga saat ini, tipe yang dibanderol Rp203,5 juta untuk transmisi manual (M/T) dan Rp214 untuk matik (CVT) itu telah dipesan sekitar 3.000 unit.

Direktur Pemasaran dan Layanan Purnajual PT HPM Jonfis Fandy mengaku pihaknya telah memproduksi sekitar 2.000 unit tipe RS pada bulan ini. “Kami akan mengirimkan sekitar 2.000 unit mulai Agustus ini. Sisanya, akan kami kirim bertahap mengikuti akumulasi pemesanan terbaru,“ ujarnya di sela-sela kegiatan test drive di Batu, Malang.
Karena itu, performa mesin Mobilio pun tak lagi menjadi pembahasan saat menempuh rute perjalanan Malang-BatuMalang-Surabaya dalam uji coba selama tiga hari tersebut. Yang pasti, iring-iringan 22 mobil yang dikendarai para awak media cukup menarik perhatian warga Malang dan Surabaya.

Sebagian dari mereka tampak terpesona melihat kendaraan keluarga keluaran terbaru Mobilio itu. Sejumlah jurnalis otomotif pun memuji penampilan Mobilio RS yang terkesan lebih garang. “Cocoklah buat keluarga kelas menengah yang berjiwa muda,“ gumam seorang rekan.

Tambahan dan Perubahan Fitur pada Mobilio RS
Eksterior
Grille plus rumah foglamp baru Lampu depan menggunakan projector headlight dengan LED light guide Front dan rear bumper Side under spoiler dan tail gate spoiler Roof moulding garnish dan exhaust pipe finisher Desain baru velg alloy wheel 15 inci Lapisan green glass di seluruh kaca Interior Warna
interior hitam yang baru Warna silver pada chrome air ventilation, inner handle, dan chrome shift gear knob ring 6.1“ monitor AV system plus audio steering switch dan tweeter speakers Rear parking camera (sudah ada di Prestige) Speed sensing autolock.

Dengan kualitas mesin i-VTEC 1.500 cc 16 katup 4 silinder milik Honda dan harga yang relatif murah, varian itu pantas diprediksi bisa mengganggu pasaran mereka yang ada di kelas medium MPV, seperti Toy o t a I n n o v a , Nissan Grand Livina, KIA Carens, atau malah saudaranya sendiri Honda Freed yang berada di kisaran harga Rp250 juta-Rp300 juta. (Ton/S-2) Media Indonesia, 21/08/2014, halaman 23