Category Archives: News

Warga Siak Tolak Rencana Pencaplokan Wilayah

Siak, Zamrudtv — Rencana pemekaran Rumbai dari Kota Pekanbaru, mendapat pertentangan dari tokoh-tokoh Siak. Pasalnya, pemekaran itu bakal mencaplok sebagian wilayah Siak.

Wakil Ketua DPRD Siak H Azwar dengan tegas menolak rencana pemekaran Rumbai itu. Menurut Azwar, jika Rumbai ingin memisahkan diri dari Pekanbaru, silahkan saja, namun jangan sampai mengambil wilayah Siak.

“Saya pikir yang menggagas perlu berpikir ulang kembali. Jangan mau memisahkan diri, daerah orang digadaikannya,” ujar Azwar.

Azwar menyebutkan, kalau warga mau memisahkan diri, silahkan saja. Tetapi jangan sampai mengusik daerah orang lain, apalagi sempat-sempatnya mengklaim dukungan atas pemekaran. “Kami dewan sangat tak setuju,” katanya.

Tokoh muda Siak Indra Gunawan, mengajak warga berpikir positif dan kedepan terhadap ajakan dan juga ulah segelintir orang yang hendak memisahkan diri dan mendukung wacana pemekaran koto otonom. “Jangan mau diiming-iming dengan janji manis. Ingat pemekaran itu belum tentu membawa perubahan kemajuan,” katanya.

Diakui Ketua KNPI Siak ini, saat ini warga di tiga kecamatan, Minas, Tualang dan Kandis sedang disusupi aksi penggalangan dukungan terhadap rencana pemekaran. (tim/zamrudtv.com)

Teluk Kuantan – Rengat Masih Lumpuh

Teluk Kuantan, Zamrudtv — Jalan dari Teluk Kuantan menuju Rengat dan sebaliknya masih lumpuh. Pasalnya, sampai sekarang belum ada perbaikan jalan yang putus di DesaKoto Peraku, Kecamatan Cerenti. Hanya kenderaan roda dua yang bisa melintas di jalan itu.

Untuk bisa melalui jalan itu, warga setempat membuat jalan darurat yang berada di kiri dan kanan dari ruas jalan yang putus itu. Para pengendara roda dua yang melewati jalan itu dimintas sumbangan sebanyak Rp 5.000.

Ketidakjelasan perbaikan jalan yang putus ini membuat warga kesal dan kecewa dengan kinerja Pemprov Riau. ‘’Seharusnya kan sudah ditangani, tapi sudah empat hari jalan putus tak ada tanda-tanda perbaikan, apa kerjaannya orang provinsi itu,’’ kata Bambang salah seorang warga Teluk Kuantan yang kerja di Rengat.

Selain warga, anggota DPRD Kuansing domisili Cerenti, Musliadi SAg juga berulangkali mengungkapkan kekecewaannya terhadap Gubernur Riau H Anas Maamun yang tidak tanggap terhadap kerusakan jalan provinsi di Kuansing.

Musliadi menegaskan, putusnya jalan provinsi ini disebabkan gorong-gorong di ruas jalan ini amblas. (tim/zamrudtv.com)

Dukungan Penuh Pemerintah Kabupaten Siak terhadap BAZNAS

Pengelolaan zakat di suatu daerah akan berjalan dengan baik jika didukung oleh pemerintah daerah tersebut. Kabupaten Siak merupakan salah satu daerah dimana pemerintahnya mendukung penuh upaya pengelolaan zakat. Bupati Siak telah mengeluarkan Instruksi Bupati Tahun 2012 kepada semua Satuan Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak agar membantu BAZNAS Kabupaten Siak dalam pengelolaan zakat, baik penghimpunan maupun pendayagunaan zakat.

Secara nominal, zakat yang telah terhimpun di BAZNAS Kabupaten Siak tahun 2013 mencapai angka Rp 6,9 miliar. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau. Bupati Siak juga berkomitmen penuh d a l a m m e m b a n t u para pengurus BAZNAS Siak dalam implementasi program kerja BAZNAS Kabupaten Siak, termasuk memberikan dana operasional dari APBD dan dua buah unit ambulans untuk dikelola BAZNAS Kabupaten Siak.

Dalam kunjungan Ketua Umum BAZNAS pusat Prof. Dr.KH. Didin Hafi dhuddin MSc, Januari lalu, beliau menekankan menekankan pentingnya peran zakat, sebagai bagian dari ibadah, yang memiliki posisi dan peran yang sangat menentukan dan strategis (al-ibadah al-maliyah al-ijtimaiyyah).

Hal itu disampaikan di hadapan lima ribu jamaah dalam acara Tabligh Akbar Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 yang diadakan Pemkab Siak. Selain Tabligh Akbar, Prof. Didin juga memberikan pengarahan kepada para pengurus BAZNAS Kabupaten Siak, ulama dan para praktisi zakat se-Kabupaten Siak.

Dalam kesempatan kali ini, Prof. Didin menjelaskan tentang sosialisasi zakat yang harus terus-menerus dilakukan secara optimal. Beliau juga berharap agar amil zakat senantiasa dekat dengan masyarakat, sehingga dicintai oleh mereka, baik dari kalangan muzakki maupun mustahik. Media Indonesia, 28/04/2014, hal : 15