Dukungan Penuh Pemerintah Kabupaten Siak terhadap BAZNAS

Pengelolaan zakat di suatu daerah akan berjalan dengan baik jika didukung oleh pemerintah daerah tersebut. Kabupaten Siak merupakan salah satu daerah dimana pemerintahnya mendukung penuh upaya pengelolaan zakat. Bupati Siak telah mengeluarkan Instruksi Bupati Tahun 2012 kepada semua Satuan Kerja di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Siak agar membantu BAZNAS Kabupaten Siak dalam pengelolaan zakat, baik penghimpunan maupun pendayagunaan zakat.

Secara nominal, zakat yang telah terhimpun di BAZNAS Kabupaten Siak tahun 2013 mencapai angka Rp 6,9 miliar. Angka tersebut merupakan yang tertinggi dibandingkan kabupaten/kota lainnya di Provinsi Riau. Bupati Siak juga berkomitmen penuh d a l a m m e m b a n t u para pengurus BAZNAS Siak dalam implementasi program kerja BAZNAS Kabupaten Siak, termasuk memberikan dana operasional dari APBD dan dua buah unit ambulans untuk dikelola BAZNAS Kabupaten Siak.

Dalam kunjungan Ketua Umum BAZNAS pusat Prof. Dr.KH. Didin Hafi dhuddin MSc, Januari lalu, beliau menekankan menekankan pentingnya peran zakat, sebagai bagian dari ibadah, yang memiliki posisi dan peran yang sangat menentukan dan strategis (al-ibadah al-maliyah al-ijtimaiyyah).

Hal itu disampaikan di hadapan lima ribu jamaah dalam acara Tabligh Akbar Hikmah Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW 1435 yang diadakan Pemkab Siak. Selain Tabligh Akbar, Prof. Didin juga memberikan pengarahan kepada para pengurus BAZNAS Kabupaten Siak, ulama dan para praktisi zakat se-Kabupaten Siak.

Dalam kesempatan kali ini, Prof. Didin menjelaskan tentang sosialisasi zakat yang harus terus-menerus dilakukan secara optimal. Beliau juga berharap agar amil zakat senantiasa dekat dengan masyarakat, sehingga dicintai oleh mereka, baik dari kalangan muzakki maupun mustahik. Media Indonesia, 28/04/2014, hal : 15