Ertiga Sporty Lebih Mencengkeram Aspal Jalanan

SEMAKIN banyaknya pemain di segmen low multipurpose vehicle (LMPV) bonnet membuat Suzuki merespons dengan mengeluarkan varian baru jagoan mereka, Ertiga.

Ertiga Sporty, sang keluarga baru, digubah dengan satu gol: sensasi handling lebih ciamik melalui ukuran ban yang lebih mencengkeram jalan.

Meski perubahan yang langsung menimbulkan pengaruh ada di sisi ban, tampang Ertiga Sporty tak luput dari polesan demi membuatnya lebih sportif.

Head of Four Wheels Product Development PT Suzuki Indomobil Sales Dony Ismi Saputra mengimbuhkan, dalam mereka ulang desain eksterior, pihaknya menga dopsi garis-garis tegas dan nuansa runcing sehingga terlihat perbedaan lebih tegas antara bumper dan bodi.

“Karakter mobil menjadi lebih macho dan agresif,“ klaimnya pada acara peluncuran Ertiga Sporty di Jakarta, Rabu (19/2).

Bumper depan dan bumper belakang baru menjadi bagian tak terpisahkan dari modifikasi yang dilakukan Suzuki.
Melengkapi bumper di bagian muka ialah grille anyar.

“Desain bumper belakang yang menyerupai mobil sport terlihat agresif dengan adanya diffuser,“ aku Dony.

Di luar itu, pabrikan yang juga bermain di segmen mobil murah ramah lingkungan tersebut menambahkan pula aksesori side skirt, rear upper spoiler, hingga muffler extension.

Dony mengatakan Ertiga Sporty serta Ertiga Elegant yang sudah diluncurkan sebelumnya telah melengkapi jejeran Ertiga yang dimiliki Suzuki. Si adik bungsu menyasar segmen keluarga yang lebih muda dan berkarakter lebih macho. “Ada 13 item (tambahan) di Ertiga Elegant. Di Ertiga Sporty ada 9 item.“

Perbedaan utama yang diklaim mampu menimbulkan sensasi berkendara lebih ialah ban yang kini berukuran 205/55. Ban itu melapisi pelek 16 inci–lebih besar 1 inci daripada varian-varian lainnya.

Namun untuk jeroan, dapur pacu Ertiga Sporty tidak diutak-atik. Mesin DOHC 1.400 cc dengan variable valve timing (VVT) dan multipoint injection (MPI) masih mendapat kepercayaan.

“Dari feedback yang kami dapat, mesin Ertiga sudah cukup dinamis. Perbedaan bukan dari mesin, melainkan tampilan dan kita juga mengubah daya cengkeramnya,“ ucap Dony lagi.
Menjawab tantangan Direktur Penjualan SIS Davy Tuilan, selepas acara peluncuran, menerangkan Ertiga Sporty menjadi jawaban Suzuki perihal semakin banyaknya kompetitor di segmen LMPV bonnet.

Terakhir, Honda Mobilio masuk sebagai `anak baru’.

“Setelah Mobilio launching, kami lakukan riset. Kami bedah habis-habisan. Hasil riset, kami butuh varian yang bisa tampil beda. Ya sudah kami bikin Ertiga Sporty,“ papar Davy.

Ertiga Sporty mempunyai dua varian, yakni transmisi otomatis berbanderol Rp191.350.000 (on the road Jakarta) serta manual, Rp180.350.000. (Xan/S-2/ Media Indonesia, 27/02/2014)