RSBI Dicabut, Anggaran Pendidikan Riau Berkurang Rp 40 M

Anggaran pendidikan di Dinas Pendidikan Provinsi Riau pada tahun ini, berkurang sebesar Rp40 miliar. Pengurangan ini terjadi saat penyusunan Rencana APBD Perubahaan tahun 2013.

Sekretaris Daerah Pemerintah Provinsi Riau, Zaini Ismail, Jumat(25/10) menyebutkan pengurangan itu terjadi berhubungan dengan pengalokasian anggaran pendidikan sebesar 20 persen dari total APBD murni tahun 2013. Juga karena terbitnya surat edaran Mendikbud No. 017/MPK?SE/2013 tentang kebijakan transisi Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI).

Menurut Zaini, dalam surat edaran Mendikbud itu semua dokumen penganggaran yang menggunakan nomenklatur RSBI agar segera dilakukan revisi. Karena revisi dari anggaran untuk sekolah RSBI itu, maka terjadi pengurangan anggaran sebesar Rp40 miliar.

Walau terjadi pengurangan anggaran, namun dana yang dialokasikan untuk pendidikan di Provinsi Riau tetap diatas 20 persen.

Menurut Zaini, APBD Riau tahun 2013 sebesar Rp8,4 triliun. Sementara dana untuk pendidikan sebesar Rp744,3 miliar atau 20,69 persen dari APBD.

sumber: zamrudtv.com