Pembangkit Listrik Tenaga Sampah Segera Dibangun di Pekanbaru

Kota Pekanbaru bakal memiliki Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTS). Rencananya, PLTS bakal dibangun oleh konsorsium G20 ESG pada tahun 2014.

PLTS yang bakal dibangun itu mempunya daya 1×10 megawatt. Lokasi pembangunan direncanakan di Tempat Pembuangan Sampah Muara Fajar, Rumbai.

GM PT Pengambangan Investasi Riau (PIR) Tri Ranti menyebutkan, konsorsium yang membangun adalah gabungan perusahaan PT PIR, Perusahaan Daerah Pembangunan Pekanbaru dan G20 Environmental Solutions Group (ESG).

“Pembangunan PLTS direncanakan awal tahun 2014. Diperkirakan beroperasi secara komersial di pertengahan tahun mendatang,” kata Tri Ranti, dalam siaran pers di Pekanbaru, Rabu (9/10 ).

Menurut Ranti, Walikota Pekanbaru Firdaus MT menyambut baik rencana PLTS itu. Pemko Pekanbaru sudah meminta PD Pembangunan Pekanbaru untuk membebaskan lahan satu hektar di Muara Fajar.

Data dari Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Pekanbaru, per Februari 2013, setiap harinya produksi sampah di Pekanbaru, rata-rata mencapai 254.980 kilogram. Dalam satu bulan produksi sampah ini dapat mencapai angka 7.139.450 kg. (sumber: zamrudtv.com)